Finite state machines (FSM)
merupakan teknik pemodelan khusus untuk logika rangkaian sekuensial. Pemodelan
ini sangat membantu dalam perancangan sistem terutama jenis tertentu yang
tugasnya membentuk urutan yang jelas (misalnya pengendali digital).
Finite State Machine (FSM) adalah sebuah metodologi perancangan
sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan
menggunakan tiga hal
berikut: State (Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi). Sebagai sebuah metodologi perancangan sistem kontrol, penerapan FSM telah banyak diterapkan pada perangkat lunak, khususnya pada game.
berikut: State (Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi). Sebagai sebuah metodologi perancangan sistem kontrol, penerapan FSM telah banyak diterapkan pada perangkat lunak, khususnya pada game.
Dalam FSM, istilah
state merupakan konsep yang
sangat fundamental karena menyajikan informasi yang berkaitan dengan keadaan
sistem saat sebelumnya. Dalam satu periode yang tetap, sistem berada dalam satu
state, yang tiap state-nya mempunyai karakteristik perilaku dan aksi yang
spesifik (yang sudah ditentukan). State-state
dihubungkan melalui transisi antar
state, selanjutnya masing-masing transisi mengarahkan ke state (kondisi) selanjutnya sebagai target state. Akan selalu ada initial state
yang berfungsi sebagai starting
point, lalu kondisi “saat ini’ (current
state) yang menyimpan informasi
state sebelumnya.
Finite State Machine (FSM) merupakan
pemodelan dari perilaku (behavior) sebuah sistem atau obyek yang kompleks
dengan beberapa kondisi atau mode yang terdefinisikan dimana mode transisi
berubah sesuai dengan keadaan.
FSM terdiri dari empat elemen
utama :
- State yang mendefinisikan kelakuan dan mungkin menghasilkan aksi.
- Transisi state dimana merupakan perpindahan dari satu state ke state lain.
- Aturan atau kondisi yang harus dipenuhi supaya ada transisi state kejadian (events).
- Input yang terjadi baik internal maupun external, yang memungkinkan trigger aturan dan mengacu ke transisi state.
Contoh Diagram State Sederhana
No comments:
Post a Comment