Social Icons

Sunday, April 13, 2014

Finite State Machine

Finite state machines (FSM) merupakan teknik pemodelan khusus untuk logika rangkaian sekuensial. Pemodelan ini sangat membantu dalam perancangan sistem terutama jenis tertentu yang tugasnya membentuk urutan yang jelas (misalnya pengendali digital).

Finite State Machine  (FSM) adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal
berikut: State  (Keadaan), Event  (kejadian) dan action  (aksi). Sebagai sebuah metodologi perancangan sistem kontrol, penerapan FSM telah banyak diterapkan pada perangkat lunak, khususnya pada game.


Dalam  FSM, istilah  state  merupakan konsep yang sangat fundamental karena menyajikan informasi yang berkaitan dengan keadaan sistem saat sebelumnya. Dalam satu periode yang tetap, sistem berada dalam satu state, yang tiap state-nya mempunyai karakteristik perilaku dan aksi yang spesifik (yang sudah ditentukan). State-state  dihubungkan melalui transisi antar  state, selanjutnya masing-masing transisi mengarahkan ke state  (kondisi) selanjutnya sebagai  target state. Akan selalu ada  initial state  yang berfungsi sebagai  starting point, lalu kondisi “saat ini’ (current  state) yang menyimpan informasi  state  sebelumnya.

Finite State Machine (FSM) merupakan pemodelan dari perilaku (behavior) sebuah sistem atau obyek yang kompleks dengan beberapa kondisi atau mode yang terdefinisikan dimana mode transisi berubah sesuai dengan keadaan.

FSM terdiri dari empat elemen utama :
  • State yang mendefinisikan kelakuan dan mungkin menghasilkan aksi.
  • Transisi state dimana merupakan perpindahan dari satu state ke state lain.
  • Aturan atau kondisi yang harus dipenuhi supaya ada transisi state kejadian (events).
  • Input yang terjadi baik internal maupun external, yang memungkinkan trigger aturan dan mengacu ke transisi state.

Contoh Diagram State Sederhana

No comments:

Post a Comment